6 Tips Untuk Menguragi Efek Negatif Menatap Layar Laptop Atau Komputer Terlalu Lama



Mengatasi Dampak Negatif Menatap Layar Komputer Terlalu Lama 



  Jika kegiatan anda setiap harinya mengharuskan sering menatap layar laptop canggih atau komputer, terlebih dalam waktu yang cukup lama. Seperti jika anda seorang penulis lepas ataupun editor video disebuah production house, kadang pekerjaan seperti ini mengharuskan kita duduk di belakang meja sambil menatap layar komputer terlalu lama. Maka lama kelamaan dipastikan akan timbul dampak negatif. Hal ini juga akan terjadi jika terlalu lama menatap layar ponsel maupun tablet. 

 

sering menatap layar komputer


Untuk mengurangi dampak akibat menatap layar komputer terlalu lama tersebut, ada baiknya anda melakukan beberapa langkah pencegahan seperti yang akan kami sampaikan berikut. Dampak negatif dari sebuah pekerjaan memang tak dapat kita hindari, hal ini bisa disebabkan karena kita terlalu asyik dengan kegiatan tersebut ataupun bisa juga karena sedang dikejar deadline dari kantor

 
Sudah banyak artikel di internet yang membahas dampak buruk dan efek akibat menatap layar komputer, dan kebanyakan cenderung berbahaya untuk jangka waktu yang cukup lama terutama untuk mata kita  jika terlalu lama menatap layar komputer. Berikut enam kiat yang dapat anda lakukan sendiri untuk menghindari ataupun mengurangi dampak buruk akibat terlalu lama menatap layar komputer.

1. Sempurnakan Posisi Meja Komputer Anda
Posisi perangkat komputer di atas meja kerja sangat erat kaitannya bersama dengan kesehatan mata Anda. Jika posisi meja Anda terlalu pendek, sehingga posisi pc Anda pun demikian, Anda dapat gampang sakit punggung dan leher dikarenakan mesti selalu menunduk saat bekerja.
Hal yang mirip terjadi saat posisi meja kerja Anda terlalu tinggi. Atur posisi pc sehingga sejajar bersama dengan pandangan mata. Jika Anda mesti menunduk, upayakan tidak lebih dari 10 derajat ke bawah, demikianlah panduan dari American Optometric Association.

terlalu lama menatap layar komputer


2. Selalu Cukup Minum
Minum air terlalu penting untuk kesehatan. Selain menopang penurunan berat badan, kesadaran untuk memadai minum terhitung akan memaksa Anda untuk bangun dari kursi untuk menyita air minum atau sesekali buang air kecil. Hal ini, tanpa sadar, akan sebabkan mata Anda beristirahat sejenak.

3. Hindari Penggunaan Lift / Elevator
Jika Anda bekerja di gedung bertingkat upayakan untuk naik-turun tangga setidaknya sebanyak dua sampai tiga lantai. Anda mesti memaksa diri Anda berolahraga untuk menahan otot kaku akibat terlalu lama duduk di belakang meja, terhitung agara peredaran darah selalu lancar.

4. Besarkan Karakter / Huruf Layar
Ukuran huruf terlalu kecil akan memaksa Anda menyipitkan mata. Hal ini merupakan penyebab nomor satu kelelahan mata dan sakit kepala.

5. Seringlah Berkedip
Ya, kita seluruh pasti berkedip. Tapi ternyata, jikalau Anda bekerja di depan komputer, Anda mesti melakukannya lebih sering lagi. Pasalnya, waktu menatap layar komputer, artinya kuantitas kedipan Anda cuma kira-kira sepertiga dari biasanya. Kurang berkedip adalah tidak benar satu penyebab sindrom mata kering. Cobalah terhitung untuk mengikuti ketentuan 20-20-20. Setiap 20 menit layangkan pandangan mata ke arah lain sejauh 20 kaki (6,1 meter)) selama 20 detik.

efek menatap layar komputer terlalu lama


6. Sesekali Mengistirahatkan Mata Anda
Menatap layar pc selama hari tidak cuma melemahkan penglihatan Anda, tapi terhitung dapat sebabkan masalah yang dikenal sebagai Computer Vision Syndrome, istilah umum untuk seluruh kasus mata dikarenakan menatap layar pc untuk waktu yang lama (demikian menurut American Optometric Association) Pergilah berjalan-jalan sore sejenak atau sekadar mengobrol bersama dengan teman. Hindari menatap layar ponsel atau TV waktu mestinya mata beristirahat.

Demikianlah beberapa tips cara untuk menghindari dampak buruk dari menatap layar komputer terlalu lama, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua