Investasi Besar Pemasangan Kabel Fiber Optik Bawah Laut Milik Google



Pemasangan Kabel Fiber Optik Bawah Laut Penyambung Asia – Amerika, Google dan Facebook Bersatu


Facebook dan Google telah diketahui saling bantu untuk meningkatkan kecepatan internet di Asia dan Amerika Utara. Caranya dengan bekerjasama dalam pemasangan kabel serat optik bawah laut yang menghubungkan koneksi internet di ke dua benua. Kabel berupa serat optik selanjutnya akan membentang sepanjang 8.000 mil atau kurang lebih 12.874 kilometer pada kota Los Angeles, di Amerika Serikat hingga Hong Kong di benua Asia.Saat selesai nanti, proyek yang dikenal sebagai Pacific Light Cable Network (PLCN), akan sediakan kapasitas internet hingga 120 terabyte per detik.



Pemasangan Kabel Fiber Optik Bawah Laut Google

Rencananya, ke dua perusahaan raksasa internet itu akan jadi membangun PLCN atau pemasangan fiber optik bawah laut tahun ini. Pembangunannya akan selesai dan jadi beroperasi kurang lebih dua tahun setelahnya, atau terhadap 2019. Pemasangan kabel serat optik bawah laut ini berperan mengimbuhkan jalur alternatif bagi koneksi internet untuk dapat mengakses ke bermacam lokasi benua lain. Dengan demikian jika telah beroperasi, pemasangan fiber optik bawah laut nanti selanjutnya bukan cuma menunjang Facebook dan Google semata. Namun, tersedia juga  banyak perusahaan dan individu yang akan diuntungkan dikarenakan kinerja internet jadi lebih cepat.


Sedangkan bagi Facebook dan Google, keuntungan yang diperoleh berupa infrastruktur sebuah infrastruktur penting yang berada di dalam kendali mereka. Pemasangan fiber optik bawah laut selanjutnya menunjang ke dua perusahaan untuk mengirimkan data melalui jalur milik teristimewa dan hindari jalur publik. Belakangan ini, perusahaan internet seperti sebetulnya sedang gencar membangun infrastruktur sendiri. Sebelum mengumumkan PLCN, diketahui Facebook juga sempat bekerja serupa dengan Microsoft untuk membangun pemasangan fiber optik bawah laut sebagai penghubung Virginia dengan Spanyol.

Pemasangan Fiber Optik Bawah Laut Google Akan Melewati Jakarta


Sementara itu di lain kesempatan, Google mengumumkan telah mengeluarkan investasi untuk proses pemasangan fiber optik bawah laut yang akan menghubungkan internet Asia dengan Australia. Salah satu lokasi yang akan dilewati kabel selanjutnya adalah Jakarta, Indonesia. Proyek kabel laut ini disebut dengan nama Indigo. Selain Jakarta, lokasi lain yang akan dilewati kabel ini adalah Perth dan Sidney di Australia, serta Singapura. Secara keseluruhan kabel selanjutnya akan raih panjang 9.000 kilometer.


Denah Kabel Fiber Optik Bawah Laut





Informasi yang dilansir dari ZDNet menyebutkan, Google bekerja serupa dengan sejumlah operator untuk menggerakkan proyek Indigo. Operator selanjutnya adalah AARNet, Indosat Ooredoo, Singtel, SubPartners, dan Telstra. Sementara itu proses konstruksi kabel bawah laut selanjutnya akan ditangani oleh Alcatel Submarine Networks. Rencananya proses konstruksi akan selesai terhadap pertengahan 2019 mendatang.

Proyek Indigo awalannya akan berupa dua pakai kabel serat optik yang dirancang dapat berisi kapasitas hingga 18 terabit per detik. Kapasitas selanjutnya dapat diasumsikan sebagai wadah yang dapat menampung 8 juta konferensi video kenakan Google Hangout di dalam resolusi HD.

Google membangun kabel laut Indigo dikarenakan pertimbangkan pesatnya perkembangan pengguna internet di kawasan Asia Pasifik. Dengan terdapatnya kabel selanjutnya raksasa internet ini juga dapat memuluskan pengembangan sarana Google Cloud, penyediaan tulang punggung untuk sarana cloud publik dan lain sebagainya. Google sebetulnya sedang pertimbangkan investasi baru di bidang kabel laut yang melintasi Samudera Pasifik. Langkah ini akan beruntung Google untuk memperlancar dan mengamankan lalu lintas internet ke layanannya. Seorang sumber yang dekat dengan rencana ini menyebutkan kepada The Wall Street Journal, usaha ini dilakukan Google untuk menghubungkan pusat datanya di Oregon, Amerika Serikat, menuju Jepang.

Google jadi harus mengamankan informasi mutlak yang tersimpan di pusat data mereka dan menegaskan bahwa pihak di luar jaringannya tidak dapat mengakses informasi perusahaan. Selama ini, sejumlah jaringan Google tetap manfaatkan jaringan publik, yang terlalu mungkin sebagian pihak dapat mengakses dan mengakses dengan jaringan-jaringan lain. The Wall Street Journal melaporkan, sebelumnya Google pernah berinvestasi sebesar 300 juta dollar AS untuk turut di dalam proyek pembangunan pemasangan fiber optik bawah laut pada tahun tahun 2010 di eropa .

Google Resmikan Pemasangan Fiber Optik Bawah Laut Terkencang


Peresmian Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Seperti yang telah diketahui di dalam dua tahun lalu, Google juga bermitra dengan lima perusahaan telekomunikasi di Asia untuk membangun pemasangan jaringan kabel internet fiber optik bawah laut yang menghubungkan Amerika Serikat dengan Jepang.sumber dari The Verge menyebutkan, pembangunannya kini telah selesai dan jaringan kabel selanjutnya telah jadi “online”. Sistem kabel berjuluk “Faster” itu diklaim merupakan yang ter kencang di dunia dengan bandwidth sebesar 60 terabit per detik, menghubungkan jarak 9.000 km pada Oregon di AS serta perfektur Chiba dan Mie di Jepang.

Inilah pemasangan instalasi kabel fiber optik bawah laut dengan kapasitas terbesar yang pernah dibangun, yaitu sekitar 10 juta kali lebih kencang dibandingkan modem kabel dirumah Anda

sebuah pernyataan  Alan Chin-Lun Cheung dari Google Submarine Networking Infrastructure di dalam sebuah posting blog berisi pengumuman.


Kabel Fiber Optik Bawah Laut Milik Google


Pemasangan jaringan kabel bawah laut itu dibangun untuk mengantisipasi peluncuran daerah cloud dan data center baru di Tokyo menjelang akhir tahun 2016. Google berharap pengguna sarana aplikasi dan platform cloud miliknya dapat turut terbantu. Sebelumnya, Google turut menanam investasi untuk pembangunan kabel bawah laut yang menghubungkan AS dengan Amerika Selatan dan bagian-bagian lain dari benua Asia. Pembangunan Pemasangan kabel fiber optik bawah laut ini dapat meningkatkan kecepatan akses data secara keseluruhan.