Panduan Praktis Cara Makan Shabu Shabu Yang Benar Di Restoran

cara makan shabu shabu

Tata Cara Makan Shabu - Shabu Di Restoran



Cara makan shabu shabu di restoran | Shabu - shabu adalah jenis makanan / masakan di restoran khas Jepang atau Korea, biasanya menggunakan bahan irisan daging sapi, jamur dan aneka sayuran. Para pecinta makanan yang berkuah biasanya menyukai makanan ini . Shabu – shabu sendiri tergolong ke dalam model nabe ryori, sebutan untuk makanan di restoran jepang yang dimasak di dalam panci dan dimakan kala hangat. Semua mengisi shabu – shabu bakal disantap bersama kuah kaldu.

Biasanya restoran shabu-shabu mempersilahkan pengunjung "memasak" sendiri shabu-shabu. Nah, ternyata memasak shabu - shabu tersedia tata caranya tersendiri. Berikut kita himpun arahan atau tata cara makan shabu – shabu di restoran dari Seorang Executive Chef Restoran Shabu di bilangan Jakarta, Djoko Santoso.


tata cara makan shabu shabu

Memilih kuah dan daging


Bahan – bahan makanan khas Jepang ini nantinya akan dimasak bersama kuah di dalam panci. Ketika kita datang, terlebih dahulu pilihlah jenis kuah shabu - shabu yang ditawarkan oleh restoran. Kuah shabu - shabu atau kombu yang berasal dari ganggang laut atau kaldu ayam murni. Beberapa restoran makanan Jepang di Indonesia biasanya juga menawarkan pilihan kuah bervariasi seperti tom yam khas Thailand, sup mongolia, dan aneka kuah lainnya. Jika dirasa kita belum familiar tentang rasa kuah yang bakal dipilih, mintalah terlebih dahulu kuah tester kepada pelayan restoran. Dengan begitu, kita bisa merasakan kuah yang dipesan sebelum saat disediakan untuk merebus. Jangan lupa termasuk untuk pilih daging yang bakal dimasak, karena biasanya restoran shabu - shabu mematok harga yang berbeda - beda untuk tiap jenis isian  daging ini.


Panaskan kuah



cara makan shabu jepang


Pelayan bakal langsung menempatkan panci di atas pemanas. Beberapa restoran penyedia shabu-shabu gunakan kompor listrik. Jika belum paham cara gunakan kompor listrik, jangan segan untuk menanyakan kepada pelayan. Cari paham bagaimana cara tingkatkan dan turunkan suhu, mematikan dan menyalakan kompor listrik, dan termasuk tingkat panas yang pas untuk memasak shabu-shabu. Tunggu kuah di panci sampai mendidih sebelum saat merasa memasukkan bahan-bahan. Sambil menunggu mendidih, kita bisa mengambil isian shabu-shabu dan pilihan saus.


Memasak shabu - shabu


Sedikit tips jika kita mengambil sayuran seperti jenis lobak dan wortel, dan juga bahan seperti baso dan udang, masukkan lebih-lebih dahulu ke dalam panci. Hal itu sebab memerlukan kala yang lebih lama untuk matang. Sementara untuk jamur, bisa kita dimasukkan setelahnya. Karena sayuran jamur biasanya bakal cepat mateng dan bisa menjadi lembek kecuali terlalu lama dimasak. Untuk isian lain seperti mie udon, kita bisa langsung menyiramkannya bersama kuah panas. Isian Shabu jenis Bihun dan kwetiau bisa dimasak kurang lebih 15 detik, sayur beserta semua isian ini selanjutnya disediakan di dalam sebuah mangkok. Jangan lupa untuk tambahkan kuah yang sudah panas ke dalam mangkok.


cara makan shabu shabu yang benar


Perlu diperhatikan hal penting lainnya adalah disaat kita akan memasak daging sapi. Masaklah daging satu persatu dan jangan kita ditinggalkan di dalam kuah, lamanya merebus daging shabu ini adalah kurang dari 10 detik (seperti mencelupkan dalam kuah sambil dipegangi sumpit sampai berubah warna). Sebab biasanya daging sapi dalam shabu shabu ini diiris tipis, agar cepat masak kala direbus. Daging yang siap dimakan adalah disaat telah berubah warna,  daging bakal alot jika terlalu lama direbus.



Celupkan ke saus

Ketika daging telah kita masak dan matang, kita bisa langsung celupkan ke saus. kita juga dapat memakannya dengan cara menempatkan daging di atas nasi dan menyantapnya bersamaan.


makan shabu shabu sepuasnya


Demikianlah sedikit tips tentang tata cara makan Shabu - shabu direstoran khas Jepang yang perlu kita ketahui ketika ingin merasakan makanan ini. Tak perlu jauh - jauh ke Jepang untuk dapat mencicipi makanan berkuah ini, di beberapa kota besar di Indonesia juga telah banyak restoran shabu jepang dengan harga murah, dengan  begitu kita dapat makan shabu - shabu sepuasnya