Ternyata Beginilah Asal Usul Terciptanya Nama Robot

Terciptanya Nama Robot

Robot kini sudah menjadi teknologi yang kerap digunakan untuk mendukung umat manusia. Istilah 'robot' terhitung makin familier di kalangan masyarakat. Namun tahukah Anda dari mana kata 'robot' berasal? Dikutip dari berbagi sumber, istilah 'robot' pertama kali digunakan untuk menyatakan automata fiksi karya penulis Republik Ceko, Karel ńĆapek. Dari perbincangan Capek, robot berasal dari kata 'robota' yang bermakna perbudakan.

Sejak pertama kali digunakan untuk keperluan hiburan, istilah 'robot' makin populer di industri showbiz. Bahkan, robot terhitung sudah masuk film-film lawas Hollywood. Dalam banyak film, program radio, dan televisi pada 1950-an, kata 'robot' umumnya diucapkan 'robit’. Hal itu dijalankan sehingga pengucapannya tidak terlampau sulit. Hingga waktu ini, 'robot' menjadi sebuah isitlah yang familier digunakan. Robot bahkan diakui akan punya cii-ciri yang identik layaknya manusia.

Menilik Perkembangan Robot dari Masa ke Masa


Robot, sebuah benda yang punya banyak fungsi bagi umat manusia. Penggunaan robot terhitung makin mewabah di kalangan industri. Namun tahukah Anda peristiwa penciptaan robot? Seperti dilansir Stanford, peristiwa terbentuknya kata robot berasal dari teknologi simpel yang diciptakan masyarakat Mesir pada 3000 SM. Saat itu, bangsa Mesir membuat patung manusia yang sanggup memukul lonceng sebuah jam. Sementara itu, pada 400 SM, Archytus dari Taremtum membuat sebuah merpati dari kayu yang sanggup terbang.

Kemudian pada 1557, Giovanni Torriani menciptakan sebuah robot kayu yang sanggup mengambil roti kaisar dari sebuah toko. Beberapa saat setelahnya, Petronius Arbiter membuat boneka yang sanggup bergerak layaknya manusia. Beberapa abad setelahnya, tepatnya pada abad 19, pertumbuhan robot berlangsung menjadi lebih pesat. Misalnya, Edison yang menciptakan boneka yang sanggup bicara dan robot bertenaga uap yang diciptakan ilmuwan Kanada.

Robot Modern Pertama Robot modern pertama diciptakan pada awal 1950-an oleh George C Devol, seorang penemu dari Louisville, Kentucky. Dia mematenkan sebuah software yang dinamakan 'Unimate'. Pada akhir 1960-an, pengusaha Joseph Engleberger beroleh paten robot Devol. Ia sanggup memodifikasi paten itu menjadi sebuah robot industri dan membentuk sebuah perusahaan bernama Unimation untuk mengolah dan memasarkan robot. Akademisi terhitung membuat banyak kemajuan di dalam penciptaan robot baru. Pada 1958 di Stanford Research Institute, Charles Rosen memimpin tim riset di dalam mengembangkan sebuah robot yang disebut 'Shakey'. Robot ini jauh lebih maju daripada Unimate.

Penggunaan Robot untuk Industri Kian Meningkat


Penggunaan robot untuk keperluan industri, umum digunakan untuk mempermudah proses produksi. Dalam sebuah laporan terbaru, penggunaan robot untuk industri ternyata makin meningkat dari th. ke tahun. Menurut catatan dari ABI Research, penjualan robot ke sektor industri di Amerika Serikat (AS) melonjak nyaris 300% di dalam waktu tidak cukup dari satu dekade. Hal itu menyatakan bahwa robot terasa menukar peran manusia.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Biro Riset Ekonomi Nasional AS, untuk tiap tiap robot yang digunakan di sebuah pabrik, mirip dengan menyingkirkan enam karyawan. Di segi lain, kehadiran robot sanggup memajukan industri secara pesat. Dalam perusahaan automotif, kehadiran robot sanggup mempercepat mengolah sebuah mobil dibandingkan tenaga manusia. Tak cuma itu, harga robot yang makin tidak mahal terhitung membuatnya makin digemari oleh banyak perusahaan.

Humanoid, Robot yang Memiliki Bentuk Layaknya Manusia


Seiring dengan kecanggihan teknologi yang makin pesat, robot kini punya wujud yang makin beragam. Robot dengan wujud tubuhnya menyerupai manusia beken dengan istilah 'robot humanoid'. Secara umum, robot humanoid punya tubuh layaknya manusia dengan kepala, dua lengan, dan dua kaki biarpun beberapa wujud robot humanoid cuma memodelkan beberapa anggota tubuh. Beberapa robot humanoid terhitung punya kepala yang mencontoh fitur wajah manusia layaknya mata dan mulut.



Menilik dari sejarahnya layaknya dilansir dari howwegettonext, rencana Humanoid dicetuskan oleh Leonardo da Vinci pada 1495. Ia membuat humanoid dari besi yang sanggup berlangsung layaknya manusia. Sayangnya, proyek itu tidak berlangsung lancar. Pada 1774, pembuat jam Swiss Pierre Jacquet-Droz, membuat tiga robot autoamata yang sanggup mengejutkan pirsawan waktu dinyalakan. Masuk ke abad 20, tepatnya pada 1970. WABOT-1 merupakan robot antropomorfik pertama yang dikontrol secara digital. Ia dibangun pada 1970 di Universitas Waseda di Tokyo. Pada 2000, Honda mencetak peristiwa dengan mengembangkan robot bernama Asimo. Robot ini sanggup mengenali obyek, gerak tubuh, suara, dan wajah. Dengan teknologi Honda, Asimo sanggup berinteraksi dengan manusia. Tak cuma itu, Asimo terhitung menjadi tonggak di dalam pengembangan robot humanoid.

Kumpulan Robot Terkenal di Dunia Film


Film bertemakan robot sudah banyak diproduksi oleh Hollywood. Pasalnya, tema Robot terhitung salah satu perihal yang memadai digemari oleh pirsawan pada jaman modern. Dari beberapa film bertemakan robot yang sudah muncul, terdapat beberapa cii-ciri robot yang memadai diingat oleh masyarakat. Berikut deretan cii-ciri robot paling tekenal di film, layaknya disitat dari Filmsite,

Sonny (I, Robot)
 Sonny adalah salah satu cii-ciri utama di film ‘I, Robot’. Sonny yang merupakan modifikasi dari robot NS-5 ini memainkan tokoh protagonis di film ini.



R2-D2 (Star Wars)
Bagi Anda penggemar franchise ‘Star Wars’ tentu tidak asing dengan robot R2-D2. Ia dikenal sebab sifatnya yang berani dan cerdik waktu menyelamatkan para cii-ciri Star Wars lainnya.


T-800 (Terminator)
T-800 adalah sebuah robot populer yang diperankan oleh Arnold Schwarzenegger. Robot ini merupakan serangkaian produk yang dibuat oleh Skynet untuk keperluan militer.


The Tin Man (The Wizard of Oz)
Robot baik hati ini terlampau digemari oleh anak-anak sebab sifatnya yang baik hati. Ia kerap mendukung Dorothy di dalam melawan penyihir jahat.

RoboCop
Robot polisi ini merupakan legenda pada periode 90-an. Ia diakui sebagai lambang kebaikan di dalam melawan kejahatan.


Ternyata unik juga ya asa usul kata robot , telusuri hal unik lainnya disini 
0