Kapal Perang & Induk Terbesar Dan Termahal Sepanjang Sejarah





Kapal Perang Induk Terbesar Dan Termahal Di Dunia  


Angkatan laut bersenjata suatu negara bisa dikatakan kuat atau tidak, dilihat dari berapa banyak dan besarnya armada kapal perang yang telah dimiliki. Dapat disimpulkan, bahwa semakin besar armada kapal perang sebuah negara, maka akan membuat negara lain akan berpikir ulang untuk menantang negara yang bersangkutan. 

 

Berbicara masalah armada kapal perang, dalam dunia angkatan laut terdapat sebutan untuk kapal yang paling besar yang sering kali disebut sebagai kapal induk yang memiliki ukuran diatas rata – rata.  Saking besarnya kapal induk tersebut ada yang sanggup memuat puluhan pesawat tempur dalam geladak dan lambungnya 

Berikut Kapal Perang Induk Terbesar Dan Termahal Di Dunia Sepanjang Sejarah yang tercatat hingga sekarang, dari yang terpendek 


10. Izumo Class, Jepang ( 247 Meter )


Negara Jepang telah memiliki perkembangan teknologi yang sangat pesat sejak jaman dulu. Perkembangan teknologi yang cepat tersebut berdampak pada kekuatan militer Jepang, terutama pada angkatan lautnya. Bukan cuma dilihat dari banyaknya pasukan yang dimiliki, angkatan laut Jepang bisa ditakuti karena memiliki senjata berupa kapal perang super besar berupa kapal induk pembawa pesawat tempur yang dinamakan Izumo Class.



Izumo Class adalah jenis kapal perang induk raksasa negara Jepang yang mampu menjadi senjata yang sangat mematikan untuk angkatan laut negara lain. Dia mempunyai misi untuk memburu dan menghancurkan kapal selam milik musuh. Dengan panjang geladak yang mencapai 247 meter, Izomo Class sanggup membawa 14 unit helikopter tempur, 400 personel, dan puluhan kendaraan perang sekelas tank. Ini adalah kapal perang induk modern terbesar milik kekaisaran Jepang yang telah dibuat sejak Perang Dunia II.

9. Kirov Class, Rusia ( 252 Meter )


Adalah negara super power Rusia, yang memiliki kekuatan militer terkuat di dunia, selain Amerika Serikat, telah lama punya teknologi dan senjata perang yang mematikan. jika tidak, Rusia dapat dipermalukan oleh banyak negara termasuk saingannya, Amerika Serikat. Untuk itu, negri beruang merah telah melengkapi kekuatan militernya, terutama di wilayah laut dengan membuat sebuah kapal perang perusak raksasa.


Kapal perang perusak itu bernama Kirov Class yang memiliki ukuran sangat besar dan telah dilengkapi pula dengan senjata nuklir. Negara manapun yang berani menantang Kirov Class ini pastinya adalah negara gila. Kapal perusak Kirov Class telah dibuat sejak akhir tahun 1970an dan 1990an. Sekarang terdapat total ada 4 unit kapal Kirov Class saat ini. Harga dari masing-masing kapal perusak super besar ini bernilai sekitar 2 miliar USD.

8. Wasp Class, Amerika Serikat ( 253 Meter )


Sebagai negara superpower selain Rusia, Amerika Serikat dengan teknologi yang sangat maju, juga melengkapi angkatan lautnya dengan sebuah kapal perang besar yang dinamakan Wasp Class. Ukuran Wasp Class ini juga lebih besar dari Kirov Class yaitu 253 meter karena memang difungsikan sebagai pembawa pesawat dan helicoter.




Ketika masa Perang Dunia II, angkatan laut Amerika Serikat  mendapatkan pelajaran berharga bahwa memiliki kapal perang yang canggih, sangatlah menguntungkan, Dengan begitu, tentara angkatan laut (Navy Seals) Amerika Serikat bisa melintasi perairan dengan aman. Melihat betapa pentingnya kapal laut untuk meningkatkan kekuatan militernya, pemerintah Amerika Serikat telah mengalokasikan uang yang sangat banyak untuk dapat membangun kapal perang yang kuat. Dari tahun 1989 sampai 2009, Amerika Serikat telah memiliki total 8 kapal induk Wasp Class dengan nilai masing-masing kapal mencapai sekitar 750 juta dolar.

7. America Class, Amerika Serikat ( 257 Meter )

Kapal perang induk berikut ini juga masih merupakan kapal perang milik Amerika Serikat . Sama dengan Wasp Class yang merupakan jenis kapal perang amfibi, America Class adalah model kapal perang yang sudah dikembangkan dari Wasp Class, hanya saja dengan teknologi yang lebih canggih dan ukuran yang lebih besar yaitu 257 meter.




 
 

Dengan harga kapal perang ini yang mencapai sekitar $3,4 miliar USD, America Class dibuat lebih besar dari Wasp Class dengan tujuan untuk bisa membawa pesawat tempur yang lebih banyak, seperti F-35 Lightning II Stealth Fighter dan MC-22 Osprey Transport. America Class juga bisa mengangkut setidaknya 1.700 personel, sejumlah tank, artileri dan kendaraan militer lainnya.

6. Charles de Gaulle Class, Perancis - 261 Meter

Tidak mau kalah dengan negara anggota tetap PBB lainnya, Rusia dan Amerika Serikat, Perancis juga melengkapi armada angkatan lautnya dengan kapal perang induk terbesar yang bernama Charles de Gaulie. Charles de Gaulie adalah kapal perang andalah Perancis yang sudah dilengkapi dengan tenaga nuklir. 


Pembuatan Charles de Gaulie memang tidak semudah yang dibayangkan. Setelah mengalami beberapa kali penundaan dan juga masalah anggaran pada tahun 2001, barulah kapal perang ini resmi diluncurkan beberapa tahun kemudian. Menurut pemerintah Perancis, biaya pembuatan kapal induk Charles de Gaulie ini mencapai $ 4 miliar USD. Charles de Gaulie sanggup membawa 40 pesawat tempur sekali jalan dan mampu mengarungi lautan selama 20 tahun tanpa perlu bersandar.

5. Modified-Clemenceau Class, Brazil ( 264 Meter )

Sekitar tahun 1961 sampai tahun 2000, angkatan laut Perancis memiliki 2 buah kapal perang induk besar yang dinamakan Clemenceau Class. Ketika Perancis mulai melakukan pembahuruan, 1 kapal Clemenceau Class dinonaktifkan dan yang satunya kemudian dijual ke negara Brazil dengan harga 12 juta USD pada tahun 2000.



Kapal perang yang tadinya benama Foch tersebut, oleh pemerintah Brazil diganti menjadi Sao Paulo. Setelah dibeli oleh pemerintah Brazil, kapal perang induk Sao Paulo telah mengalami banyak sekali perubahan, baik itu di sisi dek penerbangan, mesin, sensor, dan senjata pertahanan. Meski sudah menjadi milik negara Brazil, hingga sekarang Perancis masih menyediakan sejumlah perangkat tambahan untuk menyelesaikan perubahan Sao Paulo.

4. Modified-Kiev Class, India ( 283 Meter )

INS Vikramaditya adalah kapal perang milik India. Sebelum diberi nama tersebut, INS Vikramaditya dahulunya bernama Baku. Baku adalah kapal perang milik angkatan laut Uni Soviet pada tahun 1987. Karena dana yang dimiliki oleh pemerintah Rusia tidak mencukupi untuk mendanai angkatan laut pada masa itu, akhirnya Baku mulai dikesampingkan dan dijual.


Pada tahun 2004, pemerintah India memutuskan untuk membeli Baku. India mengeluarkan dana sebanyak $ 2,35 miliar USD untuk membotongnya dengan catatan pemerintah Rusia harus membantu teknisi India untuk memodifikasi kapal perang induk tersebut. Tahun 2013, kapal perang tersebut akhirnya telah selesai dimodifikasi dan resmi menjadi kebanggaan milik angkatan laut India dan kemudian namanya diganti menjadi INS Vikramaditya.

3. Modified-Admiral Kuznetsov Class, Cina ( 304 Meter )

Sebelum menjadi milik Cina, dahulunya kapal perang ini merupakan kapal perang milik Rusia bernama Riga. Pada tahun 1990, Riga berganti nama menjadi Varyag. Karena budget untuk Varyag dianggap surplus, maka Rusia memutuskan untuk tidak menggunakan Varyag sebagai kapal perangnya.


 Kapal perang induk bekas Uni Soviet tersebut akhirnya dibeli oleh Cina pada tahun 1998 dengan harga 25 juta USD. Di tahun 2012, nama Varyag kembali diubah menjadi Liaoning. Liaoning inilah yang kemudian menjadi kapal induk terbesar pertama milik Cina. Liaoning dipersiapkan untuk melawan senjata misil, pesawat tempur, dan kapal selam milik lawan.

2. Admiral Kuznetsov Class, Rusia ( 305 Meter )

Dengan panjang mencapai 305 meter, inilah kapal perang milik Rusia yang masih dipakai hingga sekarang. Kapal perang yang diberi nama Admiral Kuznetsov Class ini merupakan kapal perang dengan persenjataan super lengkap, baik itu untuk menyerang ataupun bertahan. Termasuk di dalamnya ada belasan misil jarak jauh dan senjata anti kapal selam.


Karena memiliki persenjataan untuk bertahan dan menyerang yang lengkap, Admiral Kuznetsov menjadi kapal induk terberat sekaligus tercanggih  di dunia. Admiral Kuznetsov telah menjadi kapal perang induk andalan angkatan laut Rusia sejak tahun 1990, yang versi sebelumnya telah dijual ke Cina. Admiral Kuznetsov mampu berlayar sambil membawa 39 pesawat tempur dan lusinan helikopter.

1. Nimitz Class, Amerika Serikat  - 332 Meter

Inilah dia kapal perang induk terbesar di dunia dengan panjang 332 meter. Kapal induk Nimitz Class ini adalah milik negeri Paman Sam. Bukan hanya ukurannya saja yang besar, Nimitz Class juga menjadi kapal perang termahal dengan harganya yang mencapai $ 4,5 miliar USD.


Angkatan Laut Amerika Serikat kini setidaknya telah mempunyai kapal induk Nimitz Class sebanyak 10 unit. Kapal ini sanggup mengangkut sebanyak 85 hingga 90 pesawat tempur digeladak dan lambungnya, jauh lebih banyak daripada kapal induk lain yang ada di dunia sekarang. kapal perang induk terbesar di dunia dalam kelas Nimitz ini juga memiliki beberapa misil dan senjata taktis yang digunakan untuk bertahan dari serangan kapal dan pesawat tempur musuh.