Tak Hanya Megan O'Donoghue-Williams Saja Bule Yang Jadi Sinden, Ternyata Ada 3 Lagi !

4 Sinden Bule Yang Terkenal Di Indonesia


Publik Indonesia mungkin telah banyak yang mengenal sosok Sinden Megan yang berasal dari New York, USA. Beliau mengaku sangat mencintai kesenian wayang jawa, sehingga memutuskan untuk menekuni profesinya sebagai Sinden. Dengan digandeng oleh beberapa dalang terkenal di jawa tengah, salah satunya Ki Enthus Susmono. Mungkin hal ini membuat Sinden Megan makin dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya Jawa Tengah dan jawa timur.

  
Tak Hanya Megan O'Donoghue-Williams Saja Bule Yang Jadi Sinden


   
Kesenian Wayang adalah kesenian tradisional dari Indonesia yang membawakan berbagai kisah, baik yang diambil dari cerita pewayangan atau juga yang disadur dari kisah kehidupan masyarakat. Dapat dipastikan, dalam setiap pagelaran wayang, selalu ada musik gamelan dan pengisi suara yang disebut dalang kemudian diiringi nyanyian dari Sinden.


Mungkin sebuah hal biasa jika orang yang berperan dalam sebuah pagelaran wayang tersebut adalah orang jawa atau dari Indonesia asli, namun bagaimana bila dalang dan Sindennya ternyata seorang bule. Mungkin inilah yang membuat sosok Sinden Megan menjadi unik, sekaligus memiliki daya tarik tersendiri dalam hal kesenian tradisional ini.


Tapi taukah anda, ternyata bukan hanya Sinden Megan saja yang tertarik pada dunia wayang Indonesia ini. Ada 7 bule lain yang juga memiliki ketertarikan yang sama seperti halnya Sinden Megan colins, ada juga yang menjadi dalang. Siapakah mereka? Mari kita simak satu persatu  


Bule – Bule Yang Cinta Wayang, Sehingga Memutuskan Untuk Jadi Sinden


Megan O'Donoghue-Williams

Pada awalnya, tidak ada seorang pun yang mengira bule manis ini adalah seorang Sinden dan setelah dia menyanyi, banyak orang yang terkejut bahwa cengkok vocal yang dikeluarkannya menggunakan teknik nyinden.

Sinden Megan O'Donoghue-Williams

Ternyata Sinden Megan pernah menimba ilmu di ISI Solo selama 3 tahun mengambil jurusan Sinden. Selama belajar, mbak Megan ini kuliah kerja nyata dan mendapatkan didikan langsung dari sejumlah dalang terkenal dari jawa tengah seperti Ki Manteb Sudarsono, Ki Enthus Susmono, Ki Purbo Asmoro.


Beberapa video saat mbak Megan ini sedang jadi Sinden medapat banyak viewer di youtube, dia pun mempunyai chanel youtube-nya sendiri

Elizabeth Karen

Sinden cantik ini juga berasal dari Amerika Serikat. Beliaupun sangat mahir berbahasa Jawa dengan fasih, karena memang selain bersuamikan orang jawa tulen, Sinden sinden Elizabeth Karen ini juga telah mempelajari bahasa dan kebudayaan Jawa sejak di Amrik. Sinden Karen mengaku sangat mencintai budaya dan seni wayang kulit jawa, karena menurutnya ada unsur keindahan dan filosofi hidup tersendiri didalam alur ceritanya.
Sinden Elizabeth Karen


Dari situlah profesi sebagai Sinden dijalaninya dan dia terus mendapatkan tawaran untuk manggung di banyak tempat dan didapuk oleh para dalang – dalang terkenal. Bahkan, Sinden bule yang memiliki nama panggung Sinden Elizabeth Karen Sekar Arum ini perrnah suatu ketika mendapat kesempatan untuk tampil dihadapan para pejabat kepresidenan dikala pemerintahan bapak presiden Susilo Bambang Yudoyono    
 

Hiromi Kano

Hiromi Kano adalah seorang Sinden yang asli dari Jepang. Walaupun bukan orang asli Indonesia, beliau terbukti mampu melantunkan tembang - tembang Jawa saat duduk menjadi Sinden.
Sinden Hiromi Kano

Sinden Hiromi Kano lahir di Chiba, Jepang, yang pertama kali mencintai seni wayang ini ketika takjub mendengarkan alunan Gamelan. Saat liburan, dia menyempatkan diri untuk belajar langsung tentang seni wayang di Indonesia dan wanita jepang ini membutuhkan waktu 8 tahun dengan bersekolah di ISI Solo. Salut !



Hannah Marie Standiford

Cewek bule yang satu ini bukan hanya jadi Sinden, namun juga seorang penyanyi grup musik "Rumput" dan mempunyai kelompok Gamelan yang bernama Gamelan Raga Kusuma. Yang menarik  anggota gamelan ini semua bule Amrik yang kerap tampil dikedutaan besar Indonesia disana. Beberapa lagu – lagu jawa legendaris dengan lihai beliau bawakan dengan suara merdu dan penjiwaan yang dalam. Sungguh indah dan ingin terus mendengarnya.

Hannah Marie Standiford

Beberapa saat yang lalu, Sinden Hannah Marie Standiford ini juga sempat diundang dalam acara TV Indonesia dan membawakan lagu jawa “Yen Ing Tawang Ono Lintang” yang cuplikannya banyak yang di reupload oleh Youtuber tanah air, karena memang saking bagusnya. 


Tak banyak orang Indonesia yang tau tentang Sinden Hannah Marie Standiford ini, namun di luar negeri namanya sudah sangat terkenal sebagai seorang Sinden dan penyanyi keroncong internasional. 


Itulah 4 Sinden bule, yakni Sinden Megan dan 3 orang Sinden lain yang semuanya berasal dari luar negeri atau orang Indonesia biasa menyebutnya sebagai Bule. Sebenarnya selain para Sinden – Sinden bule diatas, ada juga yang menjadi seorang dalang dengan kemampuan yang juga diatas rata – rata. Namun karena terbatasnya pengetahuan penulis tentang mereka, maka sengaja tidak kami tampilkan. Atau mungkin para pembaca tau para bule – bule lain yang cinta dengan kesenian dari Indonesia? Maka kami harap bisa meningalkan komentar dibawah