Kisah Majalah Bekas Yang Laku Terjual Rp 670 Juta



Sebuah Majalah Bekas Laku Rp 670 Juta Dalam Sebuah Lelang

Mungkin anda tidak akan menyangka jika melihat majalah bekas ini adalah barang berharga, sebelum mengetahui harganya dalam pasar lelang. Majalah bekas itu bercover sang pendiri apple inc, Steve Jobs. Kemudian disisi lain terdapat tanda tangannya yang terlihat jelas.
Majalah Bekas Laku Rp 670 Juta

Itu adalah sebuah majalah bekas edisi 24 Oktober tahun 1988, NewsWeek. Pada bulan Oktober 2017 kemarin, diberitakan telah terjual dalam sebuah lelang dengan harga yang cukup tinggi, yakni US$ 50.587 atau sekitar Rp 670 juta. Proses lelang ini sepertinya sengaja diadakan di bulan Oktober, bersamaan dengan ulang tahun apple inc
Majalah Newsweek itu dibuka dengan penawaran US$ 1000. Kemudian nilainya terus naik setelah terdapat 34 orang penawar, 18 diantaranya adalah penawar berkualifikasi. Hingga pada akhirnya proses lelang untuk majalah bekas itu berhenti pada harga US$ 50.587 (Rp670 juta), dan dimenangkan oleh seseorang yang belum diketahui identitasnya 

Harga majalah bekas NewsWeek menjadi Rp 670 juta, dikarenakan terdapat autographs atau tanda tangan asli, langsung dari sang legenda dunia teknologi tersebut pada cover majalah. Terlebih lagi pada edisi majalah NewsWeek ini pada waktu itu mengangkat cerita tentang sepak terjang steve jobs dan peluncuran NeXT Computer. Covernya adalah foto Jobs muda berpose diatas monitor komputer bertuliskan, "Mr. Chips. Steve Jobs Puts The 'Wow' Back In Computers." 

Kisah Majalah Bekas Yang Laku Terjual Rp 670 Juta

Majalah Bekas Laku Rp 670 Juta

Pemilik asal dari majalah Newsweek bekas ini adalah Denise Williams, seorang mantan karyawan Lotus Development Corp. Dan dia mendapatkan tanda tangan Jobs itu pada saat di menghadiri acara peluncuran NeXT Computer.

Menurut cerita Williams, Sebelum menghadiri acara tersebut dan bertemu dengan Steve Jobs. Dia dengan sengaja membawa sejumplah majalah bercover Steve Jobs yang dia beli di toko buku. Hingga pada akhirnya saat bertemu sang idola, William-pun langsung meminta Jobs untuk menandatangani salah satu majalah itu.

Usahanya tersebut sempat hampir gagal, sebab Jobs menolak untuk tanda tangan dengan berkata “I don't do autographs". Namun William terus memaksa dengan meminta jobs untuk menuliskan apapun yang terpikirkan oleh sang legenda apple itu. Steve Jobs pun kemudian menulis kata “I love manufacturing” pada majalah Neesweek itu dan menanda tanganinya. 

Hinga pada akhirnya majalah NewsWeek bekas terbitan tahun 1988 itu dilelang kemarin setelah 29 tahun dengan harga Rp 670 juta.